BUMN Fasilitasi UMKM Jual Produk Camilan Pakai Mesin

Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan fasilitas kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan memberikan etalase vending machine. Mesin tersebut dapat dimanfaatkan oleh para UMKM untuk memasarkan produknya berupa makanan ringan atau camilan di tempat-tempat tertentu seperti stasiun kereta api, bandara, pelabuhan, dan kantor-kantor perusahaan BUMN.

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, UMKM perlu diberikan dukungan melalui langkah strategis dengan memperkuat ekosistem UMKM. Hal ini dilakukan dengan menciptakan kolaborasi yang saling menguntungkan antara UMKM dengan BUMN, sekaligus pemberdayaan UMKM dengan memberikan ruang untuk promosi.

“Vending Machine ini beroperasi otomatis dan bisa dipakai 24 jam penuh. Produk-produknya dari UMKM bisa dijual langsung kepada konsumen. Penumpang kereta atau masyarakat yang sedang berada di stasiun bisa membeli produk-produk UMKM kapan saja. Ini sesuai dengan arahan Menteri Erick yang ingin memberikan akses pasar lebih luas bagi UMKM terutama di lokasi-lokasi ramai dan strategis seperti di stasiun kereta,” kata Arya saat ditemui di Stasiun Gambir Jakarta, Senin (22/1).

Arya menjelaskan, pemasangan vending machine merupakan kolaborasi antara UMKM dengan BUMN. Penempatan vending machine di area stasiun didukung oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai pengelola stasiun. Sedangkan pengelolaan dan operasional vending machine didukung penuh oleh PLN (Stasiun Gambir) dan Pertamina (Stasiun Gondangdia). Dalam mesin tersebut ada sebanyak 22 jenis camilan dengan total 200 pcs.

“Sebelumnya sudah dipasang vending machine di Kementerian BUMN yang didukung penuh oleh BRI,” imbuhnya.

Berdasarkan survei berjudul MSME Empowerment Report yang dilakukan kepada 1.500 pelaku UMKM di Indonesia pada tahun 2022, UMKM Indonesia masih mengalami kendala pemasaran. Sebanyak 70% UMKM kesulitan dalam memasarkan produknya.

“Era vending machine menjadi terobosan penting dalam mendukung ekosistem UMKM di Indonesia. Program ini tidak hanya memperluas pasar produk UMKM, tetapi juga memberikan pengalaman berbelanja yang unik bagi masyarakat. Kami percaya kolaborasi antara BUMN dan UMKM melalui program Vending Machine akan memberikan dampak positif bagi UMKM,” pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Soal Kritik Kereta Cepat Balik Modal Seabad, BUMN Bilang Ini


(fsd/fsd) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *