Bromo Menghijau Kembali, Wisatawan Membanjiri di Nataru Hingga Macet

Probolinggo

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menjadi primadona setelah panoramanya kembali menghijau pasca kebakaran September lalu. Kini, di akhir tahun wisatawan membanjiri wilayah tersebut.

Kawasan savana Bromo yang September lalu sempat terbakar karena ulah flare prewedding, kini telah kembali pulih. Pulihnya savana tersebut seiring memasuki musim penghujan dan membuat savana itu dihijaukan oleh tumbuhan baru yang begitu segar.

detikTravel sempat berkunjung pada Kamis (7/12/2023) untuk melihat panoramanya yang memang memanjakan mata. Saat kami berkunjung, tempat itu pun telah dipenuhi wisatawan baik lokal maupun internasional.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bromo macet saat libur Nataru 2023. (Tiktok.com/@bromocapture)

Seiring dengan memasuki musim libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), kawasan ini menjadi tujuan banyak orang. Bahkan area jalur pendakiannya pun terlihat macet dan dibanjiri wisatawan.

Kemacetan yang terjadi di TNBTS dibagikan oleh akun TikTok @BromoCapture, yakni sebuah akun jasa dokumentasi dan jip di Bromo. Dalam video yang diunggah pada Minggu (24/12/2023), terlihat antrian wisatawan di Bromo yang membludak. Baik wisatawan dengan jip maupun yang menggunakan motor, terlihat tidak bisa bergerak maju.

Dalam keterangan tersebut sang pengunggah menuliskan keterangan tempat kejadian di Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur.

“Ora mlaku blas (tidak jalan sama sekali),” tulis sang pengunggah.

Dalam video tersebut terlihat plang selamat datang di TNBTS Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Video yang baru diunggah beberapa jam tersebut sontak mengundang respons netizen. Videonya telah ditonton lebih dari 1,8 juta kali dan mengundang lebih 1,2 ribu komentar.

“Liburan nataru rencana ny mau ke bromo lg tapi pilihan jatuh utk ke BALI saja (emot sedih),” tulis warganet.

“Memang paling bener ke bromo pas sebelum atau sesudah hari libur… suasananya mantab,” imbuh yang lain.

Di sisi lain, terdapat netizen yang bertanya apakah kemacetan terjadi di semua pintu masuk kawasan TNBTS. Diketahui Bromo memiliki empat pintu masuk yakni dari Malang, Lumajang, Pasuruan, dan Probolinggo.

“Lewat jalur poroblinggo sama gak ramenya,” tulis netizen.

“Semua pintu masuk ya kak,” balas sang pengunggah video.

@bromocapture

ora mlaku blas 📍Sukapura Probolinggo

#bromo #bromocapture #bromotenggersemeru #bromomountain #fotografer #bromojeeptour #status ♬ suara asli – showImah – Soimah Pancawati

Di sisi lain, Bromo yang baru terpilih menjadi urutan ketiga Taman Nasional Terindah Dunia 2023 versi Bounce dijelaskan tidak akan menambah jumlah kunjungan jelang Nataru.

“Kalau kuota per pintu tidak, tapi kuotanya kuota kunjungan harian. Jadi ada kuota kunjungan harian sekitar 2700 per hari,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha BBTNBTS, Septi Eka Wardhani, saat ditemui detikcom di kantor BBTNBTS, Kamis (7/12/2023).

Simak Video “Bromo Hijau Kembali, Kunjungan Wisatawan Meningkat”[Gambas:Video 20detik](wkn/wkn)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *