Bromo Memang Seindah Itu… Saat Kering atau Hijau

Tim detikcom – detikTravel

Senin, 04 Des 2023 05:27 WIB

Probolinggo – Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menduduki peringkat ketiga taman nasional terindah di dunia 2023. Faktanya, TNBTS memang seindah itu…

Peringkat taman nasional terindah di dunia itu dikeluarkan oleh Bounce, perusahaan travel dengan judul ‘The World’s Most Beautiful National Parks 2023’. (Robertus Pudyanto/Getty Images)

Dilihat dalam websitenya, Sabtu (2/12/2023) perusahaan itu mendapatkan data melalui jumlah postingan Instagram, penayangan TikTok, ulasan online, dan penelusuran Google untuk mengungkap taman tercantik di seluruh dunia untuk tahun 2023. Danm juaranya adalah Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan. (Ulet Ifansasti/Getty Images)

Mengisi posisi kedua yaitu Taman Nasional Lençóis Maranhenses di Brasil. Di urutan ketiga terdapt Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. TNBTS mengungguli taman nasional. lain, termasuk Taman Nasional Gunung Fuji, yang berada di posisi ketujuh. (NurPhoto/Getty Images)

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat berada di TNBTS. Dia berpesan agar traveler setidaknya sekali seumur hidup liburan ke Bromo. (Dokumen Humas Pemprov Jatim)

Selain Gunung Bromo, di kawasan tersebut juga ada Gunung Batok, Gunung Watangan, Gunung Widodaren, Gunung Kursi, padang savana, lautan pasir, serta bukit-bukit yang membentuk dinding Kaldera Tengger. Di sisi selatan, ada Gunung Semeru dengan puncaknya Mahameru. (M Rofiq/detikJatim)

Selain landskap yang sip, TNBTS dihuni oleh Suku Tengger. (detikcom)

Padang rumput atau sabana Bromo kembali menghijau. (Muhammad Mada/Antara Foto)

Gunung Bromo saat kering pun tidak kalah indah. Traveler bisa menikmati padang rumput yang menguning. (M Rofiq/detikJatim)

Jika Anda menggunakan jalur Bromo via Pasuruan, akan melihat Pos Dingklik sebagai tempat pertama untuk menyaksikan matahari terbit di Bromo. (Istimewa/tangkapan layar Google Maps)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *