Bocoran! Pesta Tahun Baru: Sheila on 7 Manggung di Prambanan, Aldi Taher di TMII

Jakarta

Pesta pergantian tahun baru 2024 besar-besaran dihelat di sejumlah kota. Termasuk, di Candi Prambanan dan Candi Borobudur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dan Pantai Kuta, Mandalika.

Masing-masing kota bakal menyuguhkan konser dan acara istimewa. Tiga anggota holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pariwisata, PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, PT Bhumi Visatanda, dan Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) berjanji membuat konser musik spesial.

“Wisata itu sosial dan heritage. Kami membuat dua acara berbeda di Candi Borobudur dan Prambanan. Di Prambanan kami akan bikin pesta, melibatkan sosial, konser musik agar penonton bergembira ria, sedangkan di Borobudur nuansanya heritage, spiritual,” kata Febrina Intan, direktur utama OT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko dalam konferensi di gedung Injourney, Jakarta, Rabu (13/12/2023).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Febrina menyebut pesta di Candi Pambanan di Yogyakarta bakal dimeriahkan sejumlah artis papan atas, di antaranya Sheila on 7, Ndarboy Genk, Shaggydog, Jikustik, dan Kunto Aji. Febrina juga menyebut bakal ada suguhan otentik Yogyakarta lewat sendratari Ramayana, sinema rakyat, dan Pasar Medang.

Kemudian, di Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah bakal dihelat Pabbajja Samanera. Ini merupakan kegiatan umat Buddha untuk mempraktekkan kehidupan meninggalkan keduniawian. Nantinya, peserta pria wajib mencukur habis rambut, alis, kumis dan jenggot.

Selain itu, mereka harus melepaskan pakaian umat awam, menggantinya dengan jubah, sebagai salah satu tindakan pelepasan keduniawian, mengikuti langkah Guru Agung Sang Buddha. acara ini dihelat 10 hari beruntun.

“Kami juga membuat acara sunset terakhir 2023 dan sunrise pertama 2024. Untuk sunset terakhir 2023 dilakukan di Candi Ratu Boko, sedangkan sunrise pertama 2024 dilakukan di restoran Rama Sinta Prambanan.

Konferensi pers menjelang Nataru di Injourney: Direktur Keuangan, SDM, Manajemen Risiko PT Hotel Indonesia Group Waluyo Nugroho, Direktur Operasi PT Angkasa Pura I MMA Indah Preastuty, irektur Operasi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) Troy Warokka, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) Febrina Intan, Direktur Utama Bhumi Visatanda TMII Claudia Inkiriwang, Direktur Utama PT Sarinah Fetty Kwartati, Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Deni (dari kanan ke kiri) (Femi Diah/detikcom)

Sementara itu, TMII tidak mau kalah. TMII yang ada di Jakarta Timur bakal menyuguhkan acara akbar selama 12 hari beruntu, mulai 20 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

“Ada festival kuliner, fashion show, stand up comedy, podcast, playground, musik dan tari daerah, wayang kulit, dan konser musik,” kata Direktur Utama PT Bhumi Visatanda, pengelola TMII, Claudia Ingkiriwang.

“Semua artis lokal, ada Aldi taher nanti,” kata Claudia.

Sementara itu, pesta tahun baru oleh ITDC akan dipusatkan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Troy Warokka, direktur operasi PT ITDC, menyebut puncak acara pergantian tahun di Mandalika akan ditandai dengan pesta kembang api.

“Semua harus seru, makanya kami namai Festival Mandalika Seru, lokasinya di Pantai Kuta Mandalika pada 31 Desember 2023,” kata Troy.

Dia menjanjikan festival itu menyuguhkan hiburan seru, seni, dan kuliner. Salah satu yang bakal mentas adalah Geisha, kemudian band lokal Brown Lovis dan After Shock. Ada live DJ Rebecca & Party Spasi juga.

Dalam pesta penyambutan tahun baru itu, Injourney sebagai BUMN holding industri aviasi dan pariwisata Indonesia menjaring wisatawan lokal. Merujuk data wisatawan, akhir tahun merupakan musim liburan wisatawan nusantara, bukan turis asing.

Selain sektor wisata, Injourney juga menyebut bandara, baik Angkasa Pura (AP) 1 atau pun AP 2 dan Indonesia Hotel Group bersiap menyambut musim wisnus pada libur nataru ini.

“Boleh dibilang libur nataru itu menjadi musim panen untuk wisata. Hanya ada dua kali musim panen dalam setahun, pertama saat lebaran dan kedua libur nataru. Makanya, kami harus bersiap. Kali ini spesial perayaan tahun baru dilakukan di beberapa tempat, tahun lalu dilakukan secara besar-besaran di Labuan Bajo. Kali ini beda,” kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata Injourney Maya Watono.

Simak Video “Maju Lagi di Pileg 2024, Tina Toon Tunda Liburan Nataru”[Gambas:Video 20detik](fem/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *