Berada di Ketinggian 1.200 Mdpl, Danau Ranamese Bersemayam dalam Hutan TWA Ruteng Pulau Flores

TRIBUNFLORES.COM, BORONG- Danau Ranamese salah satu danau purba yang ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau ini berada dalam kawasan hutan lindung Taman Wisata Alam (TWA) Ruteng.

Danau ini berada pada ketinggian kurang lebih 1.200 meter di atas permukaan laut. Diapiti pegunungan dan dikelilingi hutan belantara membuat suasana di danau ini sejuk dan dingin. 

Danau Ranamese diapit Gunung Mandosawu dengan ketinggia 2.400 mdpl, puncak tertinggi di Manggarai Timur dan Gunung Ranaka 2.140 mdpl puncak tertinggi ke dua.

Wisata alam Danau Ranamese berada di Desa Golo Loni, Kecamatan Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, NTT dalam kawasan TWA Ruteng seluas 32.245,6 Ha.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Danau di Manggarai Timur Pulau Flores yang Wajib Dikunjungi

Danau ini letaknya jauh dari permukian warga namun dekat dengan Jalan Trans Flores. Panorama alam di Danau Ranamese membuat wisatawan bisa terlelap.Air danau yang teduh, jernih dan bersih menghadirkan keheningan.

DANAU- Pesona Danau Ranamese di Desa Golo Loni, (TRIBUNFLORES.COM/HO-PPE BALI NUSRA MENLHK)

Pepohon tumbuh lebat mengelilingi danau ini. Pepohonan rindang ini menjadi rumah untuk kawanan burung endemik Flores dan khas TWA Ruteng.

Tempat Healing

Di danau purba ini adalah tempat healing terbaik. Pengunjung akan menemukan kesunyian yang diimpikan untuk sejenak rehat dari segalah kesibukan dan persoalan.

DANAU- Suasana teduh dan asrih di Danau Ranamese, Flores, NTT. (TRIBUNFLORES.COM/HO-PPE BALI NUSRA MENLHK)

Menghirup udara segar dan bersih, menatap air danau yang jerni dan mendengar kicauan burung. Danau Ranamese tak sekadar tempat wisata tetapi tempat untuk kontemplasi dengan alam.

Rute Perjalanan ke Danau Ranamese

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *