Bebas Visa China-Thailand, Naikkan Jumlah Penerbangan Ratusan Persen

Bangkok

Warga negara China dan Thailand kini dapat melakukan perjalanan antar negara tanpa visa dengan masa tinggal sampai 30 hari.

Melansir Visaguide, Senin (4/3/2024), kebijakan baru tersebut dikeluarkan pada 1 Maret 2024. Hasilnya, menurut laporan Visa Guide World, pemesanan perjalanan dari China ke Thailand meningkat.

Senada, statistik dari Trip.com yang dilaporkan oleh Yicai Global menunjukkan perjalanan dari China ke Thailand bahkan meningkat 300 persen pada 1 Maret dibanding hari yang sama tahun lalu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sedangkan menurut Ly.com, penerbangan dari Thailand ke China juga ikut meningkat hingga 80 persen dari tahun lalu, serta 70 persen dari tahun 2019 saat sebelum pandemi. Data ini juga didukung data dari Quinar.com yang menunjukkan pencarian penerbangan ke Bangkok meningkat 70 persen pada minggu ini dibandingkan minggu sebelumnya.

Saat September tahun lalu, Thailand mengeluarkan kebijakan bebas visa sementara untuk warga negara China dan Kazakhstan. Kebijakan ini berakhir pada Februari 2024 dan bertujuan untuk meningkatkan pariwisata Negeri Gajah Putih tersebut.

Dua hari setelah diberlakukan, 22 ribu warga negara China disebut membanjiri Thailand. Mengerti minat wisatawan, akhirnya kedua negara ini memutuskan untuk membuat perjanjian visa bersama.

China dan Thailand Ingin Genjot Wisatawan

Kedua negara ini terlihat sangat antusias dalam menggenjot wisatawan. Terlihat dari banyaknya inisiasi kebijakan dan pembebasan visa.

China juga menghapus pembatasan visa untuk warga negara Georgia, ini memungkinkan mereka bisa berkunjung ke China dan tinggal 30 hari untuk tujuan pariwisata. Selain itu, kebijakan ini juga diberlakukan ke negara tetangga Indonesia, yakni Singapura sejak Februari 2024.

Sedangkan Thailand, sejak November 2023 memberikan bebas visa kepada warga negara India untuk tinggal hingga 30 hari. Selain itu, pemerintah Thailand berencana untuk memperpanjang pembebasan visa untuk negara-negara lain dan memperkenalkan pembebasan visa bersama dengan Australia.

Simak Video “China Uji Coba Perjalanan Bebas Visa untuk 6 Negara”[Gambas:Video 20detik](wkn/wsw)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *