Bawa Kerang Laut ke Darat, Turis Jadi DPO Polisi Thailand

Phuket

Sekelompok turis diburu polisi Phi Phi Islands. Mereka menjadi incaran karena membawa sebuah kerang keluar dari taman nasional.

Dilansir dari Khaosod English pada Sabtu (9/3/2024), Yutthaphong Damsrisuk, Kepala Taman Nasional Pantao Nopparat Thara-Kepulauan Phi Phi di Provinsi Krabi, Thailand mengungkapkan sebuah keluhan tentang sekelompok turis.

Turis-turis ini dibawa oleh tur Quel Voyage George Town dan melakukan aktivitas diving. Saat berada di dasar laut, mereka membawa serta sebuah kerang keluar dari Laut Koh Bida di Kepulauan Phi-Phi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ulah turis-turis itu diketahui saat foto-foto mereka viral di Facebook. Menurut Undang-Undang Taman Nasional perilaku tersebut merupakan pelanggaran. Polisi yang tengah melakukan penyelidikan akan mengambil tindakan hukum terkait masalah ini.

Otoritas dari Taman Nasional Kepulauan Hat Nopparat Thara-Phi Phi mempelajari foto-foto tersebut. Mereka mengidentifikasi nama perahu termasuk waktu dan tempat kejadian.

Yutthaphong meminta turis untuk berhati-hati saat berkunjung ke taman nasional. Ada tiga peraturan yang harus ditaati agar liburan jauh dari masalah, berikut tata tertibnya:

1. Tidak mengumpulkan, membuang atau melakukan apa pun yang membahayakan karang, satwa air dan satwa liar, termasuk sumber daya alam yang berdampak terdapap ekologi dan keanekaragaman hayati.

2. Tidak meninggalkan kotoran, sampah atau apapun yang dapat membahayakan lingkungan.

3. Dilarang berburu satwa, mangkap satwa air atau melakukan aktivitas lain apapun yang membahayakan seluruh spesies di taman nasional.

Sebelumnya, pada Juni 2023, dua turis Tiongkok dituduh mengambil foto sambil memegang bintang laut dan menginjak terumbu karang saat melakukan perjalanan menyelam di Koh Racha di Provinsi Phuket.

Mereka melanggar undang-undang kerusakan lingkungan pesisir dengan ancaman hukuman maksimal dua tahun penjara dan denda 200.000 baht atau sekitar Rp 87,7 juta.

Simak Video “Turis ke Thailand Harus Bawa Uang Rp 6,5 Juta, RI Tak Mau Ikut-ikutan”[Gambas:Video 20detik](bnl/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *