Banjir Lahar Dingin Gunung Lewotobi Bawa Lumpur Setinggi Betis Orang Dewasa

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Paul Kabelen

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA-Banjir lahar dingin dari kawasan Gunung Lewotobi membawa lumpur dan material kerikil ke arah Desa Nawokote, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Senin, 15 Januari 2024.

Lumpur berkadar tebal dan beraroma belerang pasca guyuran hujan dengan intensitas lebat itu meluap dari Kali Waimuring dan menutupi jalan raya penghubung Desa Nawokote dan sejumlah desa di jalur pantai selatan.

TRIBUNFLORES.COM berada di tengah lumpur pukul 20.45 Wita memperkirakan kedalaman lumpur mencapai 20-an centimeter atau setinggi betis orang dewasa.

Akses lalulintas kendaraan jalur selatan berpotensi lumpuh untuk sementara waktu. Pengendara diharapkan waspada karena muntahan lumpur berada di area tikungan.

Baca juga: BREAKINGNEWS : Banjir dari Gunung Lewotobi Tutup Jalur Lintas Selatan Wulanggitang, Pengendara Kaget

Meski demikian, ada pemotor nekat melintas kendati ban kendaraan mudah tergelincir. Mereka nekat menerobos dari pada memutar haluan ke Desa Nobo di Kecamatan Ile Bura yang jauh, ditambah beberapa ruas jalan masih rusak parah dan terjal.

Sementara Kali Waimuring hingga saat ini masih diterjang banjir sangat deras. Aliran banjir juga mengalir ke perkebunan warga setempat.

Seorang pengguna jalan, Susana Epivania Wanda, mengatakan Kali Waimuring sering dilanda banjir lahar dingin yang datang dari Gunung Lewotobi itu.

“Ini sudah kali kedua selama erupsi gunung. Yang pertama itu pada tanggal 6 Januari 2024. Banjir datang setalah hujan lebat,” ujarnya.

Berita TRIBUNFLORES.COM Lainnya di Google News

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *