AS dan Jepang Kerahkan Militer Besar-besaran di Laut Dekat RI, Ada Apa?

CNBC Indonesia
News
Foto News

AS dan Jepang mengerahkan militer besar-besaran dengan tetangga RI pekan ini.

Foto udara menjukkan angkatan Laut AS dan Jepang mengadakan latihan bersama di Laut Filipina minggu ini, untuk unjuk kekuatan seiring meningkatnya ketegangan dengan China dan Korea Utara. (Dok: Commander, U.S.)

Latihan ini dilaksanakan sesuai dengan hukum internasional di perairan internasional, menampilkan partisipasi CSG Angkatan Laut A.S., dipimpin oleh kapal andalan mereka USS Carl Vinson (CVN 70) dari CSG-1, USS Theodore Roosevelt (CVN 71) dari CSG-9, dan Helikopter perusak kelas Hyuga JMSDF JS Ise (DDH 182). (Dok: Commander, U.S.)

A.S. memiliki 11 kapal induk dan mengerahkan dua kapal induk untuk mengikuti latihan merupakan hal yang tidak lazim. USS Carl Vinson dan USS Ronald Reagan merupakan kapal induk kelas Nimitz, masing-masing memiliki sekitar 5.000 anak buah kapal dan lebih dari 60 pesawat terbang, termasuk pesawat tempur F/A-18 dan F-35. (Dok: Commander, U.S.)

Pertempuran dan operasi maritim yang terkoordinasi di Laut Filipina adalah bagian dari latihan rutin Angkatan Laut A.S. di Indo-Pasifik. Pasukan angkatan laut A.S., dengan jaringan mitra dan aliansi sangat diperlukan untuk memastikan keamanan maritim dan arus perdagangan yang sah tanpa hambatan di kawasan. (Dok: Commander, U.S.)

Latihan ini juga menangkal musuh potensial di berbagai kawasan secara bersamaan, demikian ungkap Patrick Cronin, ketua keamanan Asia-Pasifik di Hudson Institute, wadah pemikir yang berkantor pusat di Washington, D.C. (Dok: Commander, U.S.)

TAG:
militer amerika serikat
militer jepang
laut filipina
konflik china korut
foto

SHARE

LAINNYA DI DETIKNETWORK

Terkait

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *