Arab Saudi Tembus 100 Juta Turis, PBB Ucapkan Selamat

Jakarta

Kerajaan Arab Saudi melaporkan pencapaian luar biasa pada industri pariwisatanya. PBB sampai ikut merayakannya.

Dilansir dari situs remsi UNWTO pada Rabu (28/2), Arab Saudi melaporkan kunjungan turis yang telah melebihi angka 100 juta. Pencapaian ini dirayakan karena datang 7 tahun lebih awal dari target.

Data ini seakan menggarisbawahi kekuatan baru Arab Saudi dalam pariwisata global, serta perannya dalam verifikasi ekonomi dan pembangunan berkelanjutan dunia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pencapaian ini ditandai dengan kedatangan lebih dari 27 juta turis dan lebih dari 79 juta wisatawan domestik dengan total pengeluaran gabungan lebih dari USD 67 miliar.

“Tidak hanya menunjukkan kuatnya sektor pariwisata Kerajaan namun juga menggarisbawahi komitmen Kementerian Pariwiasta Saudi terhadap data tingkat lanjut,” tulis UNWTO (United Nations World Tourism Organization).

UNWTO Menyebut bahwa kesuksesan ini dibangun atas dasar inisiatif strategis dan reformasi yang telah mendorong sektor pariwisatanya ke tingkat yang lebih tinggi. Peningkatan permintaan izin kegiatan pariwisata naik menjadi 390% pada tahun 2023 dan kontribusi pariwisata terhadap GVA non-minyak diperkirakan melebihi 7%.

“Dengan kontribusi langsung sektor pariwisata terhadap PDB yang diperkirakan melebihi 4%, negara ini telah menunjukkan ketahanan, inovasi dan komitmen terhadap keunggulan,” lanjutnya.

UNWTO telah berkolaborasi erat dengan Arab Saudi dan mengakui upaya negara tersebut dalam pengembangan infrastruktur pariwisata yang kuat dan kemampuan analisis statistik. Pada tahun 2021, Kantor Regional Pariwisara PBB untuk Timur Tengah dibangun di Riyadh untuk mendorong inovasi pariwisata, pendidikan dan pembangunan pedesaan.

Pada tahun 2023 saja, Arab Saudi mendapat pemasukan lebih dari USD 37 miliar. Peningkatan ini didukung oleh jumlah hotel yang memadai. Selain cuan, sektor pariwisata juga membuka 925,5 ribu lapangan kerja. Dengan ini, pariwisata menjadi penyedia lapangan kerja terbesar kedua pada tahun 2030 nanti.

“UNWTO menyampaikan ucapan selamat kepada Kerajaan Arab Saudi atas pencapaian bersejarah ini. Kami mengapresiasi pimpinan, Kementerian Pariwisata, dan seluruh mitra atas dukungan dan dedikasinya yang tak tergoyahkan. Ketika Arab Saudi terus berupaya mencapai target 150 juta turis pada tahun 2030, UNWTO berharap dapat mendukung perjalanannya, merayakan keberhasilannya dan mempromosikan masa depan pariwisata global yang lebih berketahanan, berkelanjutan dan inklusif,” pungkasnya.

Simak Video “Ubud Ditetapkan Sebagai Percontohan Wisata Gastronomi Dunia”[Gambas:Video 20detik](bnl/bnl)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *