8 Fakta Menarik Destinasi Wisata Kampung Adat Todo di Manggarai Flores

TRIBUNFLORES.COM, RUTENG- Kampung Adat Todo salah satu tempat wisata budaya di Kabupaten Manggarai. Kampung Adat Todo berada di Desa Todo, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kampung Adat Todo disebut sebagai kampung adat tertua di Manggarai Raya. Memiliki bentuk bangunan rumah adat yang khas dan lingkungan perkampungan adat yang indah.

Berwisata ke Kampung Adat Todo, beberapa fakta menarik tentang tempat wisata budaya ini perlu anda ketahui;

1. Situs Budaya Manggarai

Baca juga: Destinasi Wisata Kampung Adat Todo, Situs Budaya Manggarai Selain Wae Rebo

Kampung Adat Compang Todo menjadi situs budaya Manggarai Raya. Perkampungan tradisional ini menjadi daya tarik wisata budaya di Kabupaten Manggarai selain Kampung Adat Wae Rebo.

Kampung Todo menyimpan sejarah peradaban di Manggarai Raya dan dikenal sebagai pusat kerajaan di Manggarai Raya pada zaman dahulu. Hal ini diungkapkan dalam penuturan lisan masyarakat Manggarai Raya.

2. Ada Pengaruh Minangkabau

Dilansir dari kompas.com, dikisahkan turun temuruan secara lisan dan dibukukan oleh kaum intelektual Manggarai bahwa seorang tokoh terkenal dari Minangkabau dengan sebutan Mashur.

WISATA MANGGARAI- Kampung Compang Todo, di Kecamatan Satar Mese Utara, Kabupaten Manggarai (TRIBUNFLORES.COM/CHARLES ABAR)

Tokoh Mashur menikah dengan perempuan asli Manggarai (leluhur orang Manggarai yang berasal dari Minangkabau) lahirlah beberapa anak-anaknya yang terus berkembang dan bertumbuh di perkampungan tersebut.

Karena ketenaran dan kekuatan magis dari tokoh tersebut dan keturunannya maka mereka membentuk sebuah kerajaan kecil di perkampungan tersebut. Mereka menyebutnya kerajaan Todo.

Kerajaan Todo karena kemungkinan ada relasi perdagangan dan kekeluargaan di bawah pengaruh Kerajaan Bima atau Raja Bima di zaman itu sampai di wilayah pesisir Labuan. Sementara di bagian utara dari Manggarai Raya, di bagian Cibal di bawah pengaruh Kerajaan Goa.

Halaman selanjutnya

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *