7 Makanan yang Wajib Dihindari Sebelum Naik Pesawat, Bisa Bikin Sakit

Jakarta

Saat menunggu keberangkatan pesawat, sebagian traveler mungkin akan mengisi waktu tunggu dengan menyantap camilan atau makan di restoran yang ada di bandara. Tapi perlu diperhatikan nih, ada sejumlah makanan yang harus dihindari sebelum pesawat take-off.

Makanan-makanan ini tidak boleh dikonsumsi karena berbagai alasan, mulai dari kandungan gizinya yang rendah hingga berpotensi membuat sakit selama penerbangan. Lalu, apa saja makanan yang mesti dihindari sebelum naik pesawat?

Dilansir laman Travel + Leisure, berikut beberapa makanan yang wajib dihindari sebelum naik pesawat:


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Salad

Sebagian orang mungkin mengira kalau salad dengan dedaunan hijau pilihan sehat yang ideal selama bepergian menggunakan pesawat. Padahal, salad bisa jadi sarang kuman, lho. Dan ini dapat menyebabkan keracunan makanan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit basis Amerika Serikat (CDC) mengungkap kalau sayuran serta buah-buahan kadang terkontaminasi oleh kuman berbahaya.

Mencuci sayuran dan buah saja dinilai tidak cukup untuk menghilangkan kuman yang ada. Karena kuman bisa menempel pada permukaan daun atau buah, bahkan mampu masuk ke dalamnya.

Jika traveler mengkonsumsi sayuran atau buah yang terkontaminasi ini tanpa dimasak terlebih dahulu, seperti dalam salad hijau segar maka berisiko terkena sakit keracunan makanan.

2. Kopi

Pencinta kopi mungkin tak bisa lepas dari minuman tersebut, terlebih sebelum pesawat lepas landas. Tapi, minuman berkafein seperti kopi tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum penerbangan.

Ini karena minuman kafein memiliki efek diuretik ringan, di mana minuman tersebut dapat meningkatkan intensitas buang air kecil. Keinginan untuk segera buang air kecil bisa semakin parah saat berada dalam pesawat yang terbang di ketinggian.

Selain itu, kopi mampu menyebabkan kegelisahan. Pada sebagian orang, minuman ini dapat mengakibatkan sakit kepala dan insomnia.

3. Makanan Asin

Makanan asin seperti kentang goreng, pretzel, atau keripik memang cocok untuk menemani perjalanan. Tapi hati-hati, makanan asin bisa membuat perut kembung.

Saat penerbangan di ketinggian 35.000 kaki (10 km di atas permukaan) atau lebih, tekanan udara akan menurun. Ini juga termasuk gas, bahkan gas yang ada di dalam perut akan mengembang. Karena itu, hindari makanan asin yang membuat perut kembung.

Dijelaskan oleh U.S News, “Gas apa pun yang ada di dalam perut saat naik ke pesawat – atau yang tercipta di dalam usus selama penerbangan akibat pilihan makanan, atau yang masuk ke dalam usus akibat udara yang tertelan atau minuman berkarbonasi – kemungkinan besar akan menambah tekanan pada dinding usus seiring dengan naiknya ketinggian.”

4. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula bisa seperti camilan yoghurt kemasan. Meski berukuran kecil dan mudah dikonsumsi, yoghurt kemasan dikhawatirkan mengandung banyak gula. Dan ini bukan pilihan yang ideal sebelum naik pesawat.

Seorang ahli diet dari Australia, Kara Landau, mengatakan kalau yoghurt dan smoothie buah bisa mengandung gula dan zat aditif yang tersembunyi. Di mana kandungan tersebut bisa memperparah kondisi pencernaan.

Ia menyarankan untuk memilih makanan yang menyediakan lebih banyak protein, serat makanan, dan lemak sehat, seperti Greek yoghurt tawar, kacang-kacangan alami, atau bar protein tanpa pemanis dan gula tambahan.

5. Alkohol

Traveler mungkin akan menikmati bir, wine, atau cocktail di bandara sebelum naik pesawat. Tapi, hindari terlebih dahulu karena efek alkohol bisa cukup parah selama penerbangan.

Ketika di ketinggian pesawat, tekanan barometrik akan lebih rendah. Lingkungan dengan tekanan yang menurun bisa mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap oksigen. Ini juga dapat menyebabkan pusing yang mirip setelah konsumsi alkohol.

Jika kamu meminum alkohol sebelum atau selama penerbangan, traveler mungkin akan merasakan pusing yang lebih cepat. Karena itu, sebaiknya minum air putih saja.

6. Daging yang Dikemas

Daging dalam kemasan disebutkan bisa mengandung bakteri berbahaya. terlebih kalau daging tersebut telah dikemas selama beberapa waktu.

CDC memperingatkan untuk tidak mengkonsumsi hot dog, daging kotak bekal, serta sosis yang difermentasi atau kering. Kecuali jika daging tersebut dipanaskan kembali sebelum disajikan dengan suhu mencapai 74 derajat celcius atau hingga mengepul panasnya.

7. Makanan Mentah

Ternyata sushi juga tidak boleh dimakan sebelum pesawat lepas landas, lho. Ini karena sushi ada yang menggunakan bahan mentah atau setengah matang, seperti ikan, kerang, atau hidangan laut lain.

Bisa terdapat kuman dan bakteri seperti E. coli O157 yang bisa menyebarkan penyakit dalam makanan mentah menurut CDC.

Terlebih, sushi juga cenderung dicelupkan ke dalam kecap asin yang mengandung hampir 40% garam dalam satu sendok makannya. Di mana ini bisa membuat perut menjadi kembung.

Itu dia sederet makanan yang harus dihindari sebelum bepergian menggunakan pesawat. So, ingat-ingat ya detikers!

Simak Video “Detik-detik Pesawat Jatuh di Brasil, Pilot dan Petugas Bandara Tewas”[Gambas:Video 20detik](fds/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *