6 Perusahaan Modal Ventura Suntik Rp35,7 M ke Start Up DayaTani

Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah perusahaan modal ventura mengucurkan pendanaan awal (seed round financing) bagi start up teknologi pertanian DayaTani sebesar US$2,3 juta atau Rp 35,7 miliar.

Sejumlah perusahaan modal ventura yang terlibat antara lain adalah KBI Investment, MDI Ventures, Ascent Venture Group bersama dengan Northstar Ventures, BRI Ventures, dan Gentree Fund.

Deryl Lu, Co-founder DayaTani mengatakan, investasi ini menunjukkan kepercayaan terhadap model bisnis dan teknologi di industri pertanian. Mengingat, sektor pertanian Indonesia memberikan kontribusi sekitar 13% terhadap PDB dan menyerap hampir 29% dari angkatan kerja.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan petani Indonesia melalui teknologi inovatif dan kemitraan,” ujar Deryl dalam keterangan resminya pada Rabu, (17/1/2024).

Sementara itu, Ankit Gupta, Co-founder DayaTani mengatakan, pendanaan ini nantinya akan digunakan untuk merealisasikan rencana DayaTani membangun agen agronom semi-bionik yang memiliki akses ke semua alat dan teknologi relevan lewat chatbot LLM agri untuk para petani.

“Sekarang, agronom dan petani dapat bertanya tentang pertanyaan spesifik pertanian kepada bot dalam bahasa daerah mereka melalui teks atau ucapan. Ini juga mendukung kemampuan multimodal seperti pengunggahan gambar untuk mendiagnosis masalah tanaman dengan presisi tinggi dan menghasilkan rekomendasi kustom,” kata Ankit.

Setelah pendanaan ini, DayaTani berencana untuk menginstal lebih dari 100 perangkat IoT (Internet of Things) di seluruh Jawa dalam waktu satu tahun, menciptakan jaringan stasiun cuaca dan mengembangkan aplikasi Agronomi mereka.

Mereka juga berencana menciptakan model ilmu data yang dapat memberikan rekomendasi praktis bagi petani, seperti saran pupuk yang lebih akurat berdasarkan kondisi dunia nyata daripada aturan dasar.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Ini Pembagian Tugas Pengawasan Agusman dan Hasan Fawzidi OJK


(mkh/mkh) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *