10 Kesalahan Besar Saat Membawa Koper di Pesawat yang Sering Dilakukan

Jakarta

Umumnya, ada dua jenis bagasi yang dibawa oleh penumpang pesawat yakni bagasi terdaftar dan tidak terdaftar. Kedua jenis bagasi ini memiliki ketentuan berbeda-beda. Penumpang pesawat kerap kali tidak menyadari bahwa mereka melakukan kesalahan fatal saat membawa koper di pesawat.

Salah satu kesalahan fatalnya adalah membawa barang terlalu berat untuk ditaruh di kabin. Jika barang bawaan terlalu berat, maka secara sadar akan meminta bantuan kepada pramugari untuk mengangkatnya. Padahal, ternyata hal ini tidak boleh dilakukan loh!

Meminta bantuan pramugari untuk mengangkat barang bawaan kamu ke kabin , berpotensi membuat mereka terluka, yang mana tidak cover oleh kompensasi pekerja. Berikut ini daftar lain kesalahan penumpang mengenai barang bawaan di pesawat, dikutip melalui laman Travel and Leisure.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Menggunakan Koper Berbahan Tipis

Kesalahan fatal yang pertama adalah menggunakan koper dengan bahan tipis yang mudah rusak. Koper dengan bahan berkualitas rendah, mudah untuk rusak di tengah perjalanan. Terutama pada bagian resleting, pegangan yang patah, hingga roda koper lepas.

Untuk itu, ada baiknya untuk membeli koper dengan kualitas yang baik dan tahan banting. Meskipun harganya mahal, tapi ada jaminan bahwa koper kamu tidak rusak saat di perjalanan dan menghemat pengeluaran untuk membeli koper yang baru.

2. Menggunakan Koper dengan Sisi Lembut

Koper memiliki bahan yang berbeda-beda. Ada yang bahannya keras, ada juga yang lembut. Koper dengan sisi lembut biasanya terbuat dari bahan kain. Koper seperti ini sangat tidak disarankan untuk dipakai di penerbangan. Karena bisa sobek atau rusak sewaktu-waktu.

Ada baiknya membeli koper dengan bahan hardsell polikarbonat. Selain kuat, koper berbahan tersebut mempunyai berat yang lebih ringan, dan tidak rentan apabila terkena cairan.

3. Membawa Tas Kabin dengan Ukuran Besar

Kesalahan fatal ketiga tentang barang bawaan yakni membawa tas kabin dengan ukuran terlalu besar. Barang yang bisa di taruh di kabin memiliki ukuran tertentu. Tidak boleh membawa tas kabin berukuran besar. Sebaiknya membawa tas jinjing dengan ukuran yang pas.

4. Membawa Terlalu Banyak Barang

Sebaiknya tidak membawa barang terlalu banyak. Karena hampir 50% barang yang ditaruh ke dalam koper biasanya tidak terpakai. Jadi, ada baiknya membawa barang secukupnya dan seperlunya saja. Contohnya memasukkan pakaian ringan di koper, dan memakai pakaian berat di pesawat.

5. Tidak Membawa Tas Tambahan

Kesalahan fatal selanjutnya adalah tidak membawa tas tambahan. Pada beberapa kasus, penumpang pesawat kerap membawa terlalu banyak barang sehingga kesulitan untuk membawanya.

Ada baiknya membawa tas tambahan apabila kamu memang bertujuan untuk membeli banyak barang di tempat yang kamu kunjungi. Karena hal tersebut akan memudahkan kamu dalam melakukan penerbangan.

6. Tidak Mengetahui Syarat dari Bagasi Maskapai

Setiap maskapai penerbangan, mempunyai peraturannya masing-masing terkait dengan berat dan dimensi bagasi. Apabila kamu membawa bagasi lebih dari ketentuan, maka harus membayar biaya tambahan. Nah, untuk itu penting mengetahui terlebih dahulu syarat bagasi di maskapai penerbangan yang akan dipakai.

7. Mengemas Sepatu Besar

Jika ingin bepergian lama, dan berencana membawa sepatu, sebaiknya kemas sepatu yang berukuran kecil. Hal ini dikarenakan, alas kaki hanya akan menghabiskan banyak ruang pada koper kamu. Dengan mengemas sepatu seperti slip-on, maka ruang dalam koper masih tersisa.

8. Mengemas Barang Penting di Tempat yang Sulit Dijangkau

Barang-barang penting ada baiknya disimpan pada tas yang dalam pesawat. Hal ini untuk menghindari pencarian barang yang sewaktu-waktu bisa saja dibutuhkan. Contohnya obat-obatan, earphone, tempat lensa kontak, dan barang penting lainnya.

9. Memakai Tag Kertas Tipis

Maskapai penerbangan biasanya akan memberikan label nama kertas gratis untuk bisa ditempelkan pada bagasi yang terdaftar. Namun sayangnya, tag kertas ini cenderung mudah lepas dan tidak bisa diandalkan untuk melacak koper kamu. Lebih baik menggunakan tag koper yang proper dan benar-benar bisa digunakan untuk melacak koper kamu nantinya.

10. Tidak Membawa Baju Pelapis di Pesawat

Kesalahan fatal terakhir yakni tidak membawa baju pelapis atau baju tambahan di dalam pesawat. Disarankan untuk membawa sweater atau jaket ringan yang bisa membuat kamu untuk tetap hangat. Pasalnya, saat waktu-waktu tertentu kamu bisa saja merasa kedinginan sampai gigi bergemeletuk.

Itulah tadi informasi mengenai kesalahan fatal saat membawa koper di pesawat. Semoga bermanfaat!

Simak Video “Koper Misterius Gegerkan Warga Palopo, Tim Jibom Diterjunkan”[Gambas:Video 20detik](fds/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *