10 Cara Ucapkan Terima Kasih dalam Bahasa Jepang, Selain ‘Arigatou’

Jakarta

Terima kasih dalam bahasa Jepang, arigatou (ありがとう), amat familiar buat banyak orang Indonesia. Berikut kata terima kasih selain arigatou dalam bahasa Jepang.

Arigatou merupakan ungkapan standar yang singkat dan agak santai. Ada juga yang bilang ‘doumo arigatou’ atau ‘arigatou gozaimasu’, karena kedua frasa itu dianggap lebih sopan. Namun, ternyata masih banyak ungkapan terima kasih dalam bahasa Jepang yang bisa kita ucapkan.

Simak penjelasan dan cara mengucapkan bahasa Jepangnya terima kasih dan jawabannya (sama-sama) di bawah ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ungkapan Bahasa Jepang Terima Kasih

Dirangkum dari laman Busuu dan Japan Dev, berikut adalah beberapa ungkapan terima kasih dalam bahasa Jepang dan jawabannya:

1. Arigatou Gozaimasu

Arigatou gozaimasu (ありがとう ございます) = Terima kasih banyak (sopan).

Arigatou gozaimasu adalah ungkapan terima kasih dalam bahasa Jepang, yang sedikit lebih sopan daripada arigatou saja.

Sehingga, membuatnya lebih cocok untuk dipakai saat dalam urusan pekerjaan, orang asing, teman baru, atau bisa juga untuk memanggil seseorang yang telah benar-benar membantu kamu.

2. Doumo Arigatou

Doumo arigatou (どうも ありがとう) = Terima kasih banyak.

Doumo arigatou adalah bentuk ungkapan terima kasih yang sedikit naik level dari arigatou biasa. Ungkapan ini juga sedikit lebih ramah dan santai daripada arigatou gozaimasu .

Doumo arigatou biasa dipakai sebagai ucapan terima kasih kepada teman, keluarga, dan orang yang lebih muda. Doumo sendiri juga bisa dipakai saat dalam suasana santai.

3. Doumo Arigatou Gozaimasu

Doumo arigatou gozaimasu (どうも ありがとう ございます) = Terima kasih banyak (sangat sopan).

Cara mengucapkan terima kasih dalam bahasa Jepang dengan sopan adalah dengan mengucapkan doumo arigatou, yang artinya “terima kasih banyak”.

Biasanya, orang Jepang cenderung menghargai kesopanan. Jadi kalau kamu ingin mengesankan seseorang bahwa kamu benar-benar berterima kasih, kamu mungkin bisa mengucapkannya dengan membungkuk.

4. Haisha Moushiagemasu

Haisha moushiagemasu (拝謝申し上げます) = Terima kasih banyak (rendah hati).

Haisha moushiagemasu adalah cara mengucapkan terima kasih yang sopan dan rendah hati.

Kalimat ini biasanya diungkapkan untuk seseorang yang status sosialnya lebih tinggi dari kita, terutama orang lebih tua.

5. Arigatou Gozaimashita

Arigatou gozaimashita (ありがとう ございました) = Terima kasih (bentuk lampau/past tense).

Tidak jauh beda maknanya dengan arigatou gozaimasu, tapi arigatou gozaimashita dipakai secara eksklusif untuk sesuatu yang sudah terjadi.

Kamu bisa mengucapkannya di akhir saat selesai makan malam atau saat seseorang telah menyelesaikan layanan untuk kamu.

Misalnya, jika kamu sangat berterima kasih atas makanan yang disajikan dan sengat enak di restoran, kamu bisa ucapkan ini saat keluar restoran.

Ucapan ini juga bisa dipakai saat seseorang telah membantu kamu atau melakukan hal serupa. Intinya, ucapan terima kasih ini bisa diucapkan atas apapun yang sudah selesai terjadi.

6. Hontoni Arigatou Gozaimasu

Hontoni arigatou gozaimasu (本当に ありがとう ございます) = Terima kasih banyak, dengan bersungguh-sungguh.

Kata hontoni bisa ditambahkan ke arigatou gozaimasu. Hal ini menandai bahwa kamu benar-benar berterima kasih.

Namun, kata ini sedikit kurang umum, tetapi jika kamu ingin sedikit mencampuradukkan ucapan terima kasih, hontoni bisa menjadi tambahan yang bagus, lebih sopan, dan menambah penekanan.

7. Kansha Shimasu

Kansha shimasu (感謝します) = Saya berterima kasih.

Kansha shimasu adalah terima kasih dalam bahasa Jepang formal. Bahkan, ungkapan ini mungkin terlalu sopan untuk dipakai ke teman atau dalam bahasa sehari-hari.

Kamu juga menggunakan istilah “Maemotte Kansha Shimasu” (前もって感謝します), yang artinya “Terima kasih sebelumnya.” Biasanya, ungkapan ini digunakan dalam email.

Bisa juga untuk bahasa sehari-hari sebagai mengungkapkan rasa terima kasih, ketika kamu meminta seseorang melakukan sesuatu untukmu.

8. Azasu

Azasu (あざす) = Terima kasih (bahasa gaul/informal).

Azasu adalah ungkapan terima kasih dalam bahasa Jepang gaul. Kata ini sangat informal, dan sebenarnya bukan sebuah kata.

Pada dasarnya, Azasu merupakan kependekan dari “Arigato Gozaimasu”. Sebaiknya hindari mengatakan ini kepada anggota keluarga yang lebih tua.

Karena itu akan terkesan tidak sopan atau terdengar seperti kamu sedang mengejek mereka.

9. Osoreirimasu

Osoreirimasu (恐れ入ります) = Terima kasih (formal).

Osoreirimasu adalah bahasa jepang terima kasih yang paling formal. Biasanya ini digunakan pada seorang klien atau pelanggan di tempat kerja.

Ungkapan ini juga menunjukkan bahwa kamu berterima kasih atas kesetiaan mereka sebagai klien. Artinya, ini bisa menjadi respons yang sangat baik terhadap dukungan berkelanjutan dari seseorang.

10. Kyoushuku Desu

Kyoushuku desu (きょうしゅくです) = Berterima kasih (atas suatu pujian).

Kyoushuku desu adalah cara yang bagus untuk berterima kasih, ketika mendapatkan pujian atas kemampuan bahasa Jepang kamu.

Ungkapan ini tidak umum digunakan di kalangan orang asing. Tapi, ini adalah cara yang bagus untuk mengucapkan terima kasih secara formal kepada seseorang yang telah memuji kamu atau pekerjaanmu.

Balasan untuk Arigatou

Kalau kamu mengikuti pelajaran bahasa Jepang, kamu mungkin akan mengetahui bahwa respon atau jawaban ‘sama-sama’ dari arigatou adalah “do itashimashite” (どういたしまして).

Akan tetapi, kata itu ternyata sangat jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari atau di percakapan Jepang modern (kecuali dalam situasi yang lebih formal).

Sebaliknya, kamu mungkin akan mendengar orang menjawab sama-sama dalam bahasa Jepang dengan sesuatu seperti “iie, iie,” yang berarti “tidak, tidak,” atau “tidak sama sekali.

Itu tadi penjelasan mengenai bahasa Jepangnya terima kasih, lengkap mulai dari ungkapan sederhana, formal, hingga bahasa gaulnya.

Simak Video “Menikmati Keseruan Meluncur di Wahana Water Slide yang Memacu Adrenalin, Bali “[Gambas:Video 20detik](khq/fem)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *